Wednesday, October 17, 2018

Reservasi Jasa Penerbangan Udara

Penegrtian Reservasi

Reservasi atau dalam bahasa inggris yaitu reservation berasal dari kata to reserve yang mempunyai arti menyediakan.  Pengertian reservation menurut “Approved Agents Handbook” yang diterbitkan oleh IATA adalah sebagai berikut : Air reservation is defined as the allotment in advance of seating for a passenger or of space or weight capacity on a flight  for the carriage of the air bagage. Dapat diartikan air reservation adalah sebuah penjatahan dimuka tempat duduk untuk penumpang atau ruang atau kapasitas berat untuk barang bawaannya. 


Seringkali kata reservasi ini disamakan dengan kata-kata booking. Misalya ketika seseorang memesan tempat duduk, kemudian orang tersebut mengatakan saya telah membooking tempat. Padahal kalau dilihat dari asal katanya booking berasal dari kata book yaitu membukukan. Pengertian Booking adalah proses pencatatan ke dalam buku (pembukuan) data-data calon penumpang beserta jadwal yang diinginkannya. Sedangkan Reservasi adalah proses memintakan jatah tempat duduk dari agen penerbangan ke pihak airlines.

Jadi dari kedua pengertian di atas, berbeda pengertian antara reservasi dengan istilah booking. Tetapi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, kedua proses tersebut dapat dilakukan secara bersamaan yaitu melalui yang kita sebut dengan computerize reservation system (CRS). Dengan adanya CRS ini pihak agen tidak harus menghubungi maskapai penerbangan untuk meminta jatah tempat duduk, karena di dalam sistem tersebut sudah disediakan. Bahkan dengan adanya CRS ini calon penumpang dapat langsung melakukan reservasi dan booking tidak melalui agen penerbangan, asalkan calon penumpang terkoneksi dengan internet, yaitu dengan masuk ke dalam situs atau web yang dimiliki oleh maskapai penerbangan, atau melalui aplikasi seperti traveloka, tiket.com dan lain sebagainya.



Share:

0 comments:

Post a Comment

Definition List

Support