Thursday, October 18, 2018

Tutorial Reservasi sistem SABRE - BASIC

Bagi orang yang sudah berkecimpung di dunia pariwsiata terutama Usaha Jasa Pariwisata, istilah Sabre sudah tidak asing lagi. Baik saya akan sedikit menjelaskan tentang Sabre ini, SABRE merupakan salah satu GDS (Global Distribution System) yang pertama kali dibuat. GDS merupakan sebuah sistem yang menjadi perantara antara sistem yang terdapat di server airlines dengan di komputer client (agent). Sistem ini sebenarnya tidak hanya melayani reservasi airlines, tapi juga hotel, persewaan kendaraan, dan lainnya. Pada saat pertama kali menggunakan sistem reservasi online, Batavia Air menggunakan ABACUS, salah satu GDS, mengingat banyak travel agent pada waktu itu yang memiliki sistem ABACUS di komputer client mereka, namun pada sekitar tahun 2005 Batavia Air melakukan migrasi ke sistem SABRE.
Nah, sudah kenal kan sekarang dengan yang namanya SABRE ini. Pada postingan kali ini saya akan mencoba sedikit menjelaskan bagaimana membuat PNR (Passenger Name of Record) dengan menggunakan sistem SABRE.
Kenapa saya katakan sedikit, karena hanya yang wajibnya saja yang saya akan jelaskan. Dalam pembuatan PNR dikenal dua istilah, pertama Mandatory dan kedua Optional. Nah, yang saya maksud wajib adalah Mandatory artinya dalam pembuatan PNR kita harus menginputkan data-data yang wajib ini.

Data-data mandatory ini terdiri dari :
Phone
Recieve from
Itinerary
Name
Ticketing

End of transaction

Untuk mempermudah mengingatnya kita ambil huruf depannya saja, yaitu PRINT 

Ketika kita membuat PNR, data-data mendatory tersebut tidak harus dari phone dulu tetapi bisa yang mana dulu, dan biasanya adalah dari itinerary.

Kayanya pembaca sudah tidak sabar, ingin langsung ketutorialnya. Untuk Tutorial Reservasi Sistem SABRE ini klik saja link ini Tutorial Sistem SABRE - BASIC.



Semoga dengan penjelasan video ini bisa mempermudah dalam mempraktikan pembuatan PNR dengan Sistem SABRE.

Silahkan tuliskan kritik dan sarannya pada kolom komentar video Tutorial Reservasi SABRE - BASIC 01, untuk perbaikan dalam pembuatan video selanjutnya.

Semoga bermanfaat


Share:

1 comments:

Definition List

Support